Friday, December 7, 2007

Kenapa Labi-Labi Diaries ??

Pertanyaan akhir-akhir ini mulai muncul lagi dari beberapa teman saya, baik sesama blogger ataupun teman saya yang memutuskan untuk tidak nge-blog tetapi beberapa kali sempat mengunjungi blog ini, mereka rata-rata bingung bercampur heran ketika melihat judul Blog ini, “kok judul-nya Labi-Labi Diaries ya ??” walaupun sebenarnya sih lebih banyak pernyataan “Labi-Labi apaan sih ??” ^^

Oke ! First thing first, Labi-Labi itu pastinya bukan nama binatang, bukan juga nama makanan, Labi-labi itu…percaya atau tidak.. adalah nama sebutan buat Angkutan Umum di Aceh. Kalau di Jakarta ada Mikrolet, di Aceh punya Labi-Labi, dan kalau Mikrolet biasanya mobilnya Kijang, maka Labi-labi biasanya mobilnya bermerek Suzuki.

Bagi masyarakat Aceh, khususnya yang tidak memiliki kendaraan pribadi, Labi-Labi adalah pilihan dan sarana utama untuk menjelajahi kota, begitupun Saya. Bagi Saya Labi-Labi adalah bagian penting dari kehidupan Saya di Aceh, disaat banyak teman-teman Saya yang selalu menasehati Saya untuk membeli Sepeda Motor, namun saya tetap ngotot untuk tetap menjadi seorang pengguna setia transportasi umum dan juga sebagai seorang ‘pedestrian’ yang selalu riang dan gemira berjalan kaki ;) (keanehan saya no. 5..)

Dengan kata lain, Labi-labi adalah kendaraan yang selalu Saya andalkan untuk menjejelajahi Aceh, khususnya Kota Banda Aceh dan sekitarnya..

Oke..Sekarang kembali ke pertanyaan awal, “Kenapa Labi-Labi Diaries ??” sebenarnya sih jawabannya simple aja.. ceritanya berawal ketika pada awal-awal saya berniat untuk mulai nge-blog, ketika itu didalam pikiran saya sudah ada konsep untuk mengisi content blog ini dengan komposisi 99% content yang ada hubungannya dengan Aceh, dan setelah selesai urusan dengan konsep content, berarti tinggal menentukan judulnya dan register ke Blogger.

Nahh.. Pada saat-saat itulah saya mengalami kebimbangan untuk menentukan judul yang pas, awalnya sempat kepikiran untuk memberi judul seperti “My Aceh Stories”, “My Rencong Stories”, atau “My Nanggroe Stories”, tapi entah kenapa disaat-saat terakhir saya hampir memilih satu dari tiga kandidat judul tersebut, tiba-tiba saja, Saya berpindah haluan ke Judul lain.

Pada waktu itu secara tidak sengaja saya membaca kutipan dari sebuah buku yang isi-nya menjelaskan bagaimana seorang tokoh yang sangat terkenal menuliskan kisah perjalanan hidupnya ketika menjelajahi Amerika Selatan dengan sepeda motor-nya (motorcycle), dan kisah tersebut diabadikan dalam sebuah Diary yang pada akhirnya Diary tersebut diberi nama “Motorcycle Diaries” !!

Tapi jangan salah persepsi dulu..walaupun judul blog saya terinspirasi dari beliau, tapi saya ini bukan fans beratnya beliau loh.. bahkan saya pun tidak tahu banyak tentang beliau, tapi walaupun saya ini tidak tau apa-apa tentang tokoh yang satu ini, saya punya firasat, mungkin saja seandainya beliau dulu pernah menjelajahi Aceh dengan mengunakan Labi-Labi, bisa jadi Diary-nya juga akan berjudul “Labi-labi Diaries” :)

15 comments:

Nona Nieke,, said...

Hahaaa, aku jd mikir dulu kenapa yah pake nama My Life My wOrLd My Words? xP trus pake URL niekehebad lagi, kesannya kok egois dan narsis banged gitu! hahahahahaaa xD

gpp, yg penting khan bukan namanya,
tp isinya,
betul gak mas? ;)
*menghibur diri :P*

Tp nama labi2 itu unik banged,
gak pasaran,
dan terkesan punya 'arti' :)

Elvi said...

Labi-labi...ingat masa sekolah naik labi2 terus ke SMP1 dan SMA1. Kalo Fatah dapat inspirasi di labi2, aku juga sepanjang jalan Darussalam ke sekolah ngafalin pelajaran di labi2, abis malamnya ga belajar sih!!!
Bagian kedua udah terbit tuh!!!

- Nilla - said...

Ooooooooo... jd begitu toh ceritanya?
tp tetep konsisten bercerita ttg aceh? xD

Fatah said...

@Nieke : Yup ! yang penting itu isinya !! tapi nama juga penting loh !! *halah*, btw keritikentang sendiri artinya apa ya ??

@Elvi : Sama Kak Elvi, sekarang fatah juga sering naek yang jurusan Darussalam !! trus juga suka baca buku juga di Labi2x :)

@Nilla : Insya Allah tetap konsisten.. walaupun ada satu dua posting yang ngga ada hub.nya tapi biasanya sih suka dipaksa-paksaan supaya nyambung gitu.. ^^

ichaAwe said...

labi2..disini labi2 ituh nama makanan sejenis gorengan... terbuat dr ubi yg dilemet..trus..diapain lagih gitu..lalu digoreng rasanya enak, manis2 gurih...sama kyk blog ini :P

ika said...

waaa keren namanya labi2,,unik banget,,tks ya pak dah mampir,, :D

http://koolsonic.com

Yolla Elwyn said...

kirain labi2 plesetannya laba2 *ngawur dotcom* he..
Sukses terus ama labi2nya :)

nico wijaya said...

apakah ini terkait dengan Postkamling saya Tah yang telah berubah menjadi sketsa NicoWijaya? hehehe...

Iman Brotoseno said...

apakah ini ada niat membandingkan Che Guevara dengan Muzakkir Manaf..? he he..Apapun itu titlenya, yang penting khan isinya

Ely Meyer said...

di kebunku banyak juga lho labi-labi eh..laba-laba :D

angkotanya cantik2 ya bodynya ... jadi kangen naik angkota di kampungku dulu yg suka lama ngetem nunggu penumpang ^_^

Puput said...

lucu namanya, kirain tadi plesetan dari "bila bila",
btw tarifnya berapa mahal gak...

artja said...

ooo... jadi gitu ceritanya.

Anang said...

idem kaya yolla.. kirain padanan kata laba-laba hehehe

Fatah said...

@Ichaawe : Wahhh.. pikirannya kok kemakanan terus sih ^^

@Ika : Sama-sama.. makasih juga udah kasih komentar

@Yolla : Sukses juga buat yolla!!

@Nico : hihihi.. ngga ada hubungannya kalee !!

@Iman Brotoseno : Setuju !!

@Ely meyer : Body-nya sih bagus ! tapi ngetemnya itu loh :(

@puput : Tarifnya kalo deket Rp. 2000, kalo jauh 3000an.. mahal ngga ??

@Artja : yup.. begitu ceritanya

@Anang : banyak bgt ya.. yang ngirain Laba-Laba :(

kurakurahitam said...

Suka postingan ini.
Saya orang aceh juga :))