Tuesday, May 15, 2007

Hana Peng Hana Inong !

Ini dia nih pribahasa paling terkenal se antero Nanggroe Aceh Darussalam, mulai dari anak-anak sampe kakek-nenek pun pasti tau dan sangat familiar dengan pribahasa Aceh yang satu ini, begitu juga para pendatang yang kesini, sependatang-pendatangnya orang yang ke Aceh pasti tau juga deh !!

Apalagi lagi kalo bukan “ Hana Peng Hana Inong !! “ kalimat ini terkandung 3 unsur kata, pertama “Hana” (tidak ada), Peng (Uang), Inong (perempuan), Yupp !! dah ketebak apa artinya : “ Ngga ada duit ngga ada perempuan !! “.

Biasanya kalimat ini sering terlontar ketika kita sedang berbincang-bincang masalah uang ,penghasilan atau ketika ditanya kapan nikah ?, misal dalam sebuah dialog :

Contoh 1 :
A : “ Kamu kok sekarang ngga kuliah ?? “
B : “ Kuliah nanti dulu deh, sekarang mau kerja dulu, kan “ Hana Peng Hana Inong “.

Contoh 2 :
A : “ Sekarang kamu kerja apa ? “
B : “ lagi ngga kerja nih… “
A : “ Kerja dong.. jangan nganggur ! , inget “ Hana Peng Hana Inong “

Contoh 3 (kalo yang ini benar-benar terjadi) :
Saudara saya : Fatah, kapan rencana mau nikah ? nanti cari istrinya disini aja ya !
Fatah : hmmm.. kapan ya ? sekarang lagi pengen nyari kerja dulu sih.. kan Hana Peng Hana Inong.. hehehe

1 comment:

Dhika said...

bisa dibalik ndak? hana inong, hana peng; soalnya denger2 nikah kan bisa ngebuka pintu rezeki lebih lebar ;)
jadi kapan nikah?