Friday, November 9, 2007

Cerita dari Rambong (4) : “Lontong” Made In Rambong

Sebelumnya maaf nih kalau postingan ini masih seputar urusan dalam “Rumah”, belum mau keluar rumah nih… Insya Allah setelah posting ini saya ajak main-main keluar deh 
Memang kalau dipikir-pikir orang desa itu lebih “mandiri” daripada orang kota, mulai dari masalah Sandang, Pangan, sampai Papan, rata-rata kehidupan mereka sehari-hari diurusi dengan cara-cara yang unik dan tidak terlalu rumit ! dan satu lagi contoh kemandirian ala orang desa (Rambong) yaitu dengan membuat Lontong sendiri alias tidak harus beli, khususnya ketika Lebaran tiba !

Ternyata membuat lontong sendiri itu tidak terlalu susah loh, pertama sediakan beras, air *kalau tidak salah*, dan daun pisang, setelah sudah siap dengan bahan-bahannya, tinggal dimasukkan saja semuanya ke dalam cetakan lontong, dan rebus hingga matang !! setelah matang, itu artinya lontong sudah siap dikeluarkan dari cetakan lontong, dan lontong pun siap untuk disajikan

1. Cetakan Lontong
Masukkan beras,daun pisang dan sedikit air *kalau tidak salah*, trus langsung direbus !!

2. Setelah matang, tinggal dikeluarin dari cetakannya !!

3. Jangan lupa lontongnya dicampur dengan Kuah Lontong yang dibuat di dapur khusus berbahan bakar kayu :)

Beras dari sawah sendiri, lontong dibuat sendiri, bahan bakarnya dari kayu punya sendiri, inilah “Lontong” Made In Rambong siap untuk dimakaaaaannnn !!

10 comments:

Anang said...

wah lontong juga ada cetakannya ya....

ikram said...

Lontong atau lemang?

ichaAwe said...

aku baru tau..kalo buat lontong itu pake cetakan...

waduh itu pasti sedep banget yah..kuahnya dimasak pake kayu bakar...
duh mas...kalo kesana ajak2 dong

CempLuk said...

udah dipatenin blm lontong khas rambong ?? cepet patenin ntar di kira pny negeri sebelah..

aLe said...

cleguk *nelan ludah*

wah, jd laper neh ^^

artja said...

itu cetakan lontong, tho? kirain laras senjata anti tank. hehehe...

Fatah said...

@Anang&IchaAwe : baru taukan ? sama kayak saya.. saya juga baru tau.. :)

@Ikram : kalo yang ini lontong.. kalo lemang biasanya pake bambu utk cetakannya, trus bahan bakunya juga lain *kalo ngga salah*

@Cempluk : hahaha... betul juga tuh mas !

@Ale : waduh maaf nih.. bukan maksud saya untuk memprovokasi supaya 'laper' ^^

@Arja : hahaha... *cuma bisa ketawa nih*

Yolla Elwyn said...

biasanya, yg asli dari desa gini nih yang rasanya lebih muanntaaabb..:)
Bener kata mas cempluk, musti buru2 dipatenkan tuh, kl nggak.??? :)

Fatah said...

@yolla elwyn : betul tuh... makanan ndeso emang paling enak dimakan di desa :)

soal dipatenin.. terserah pemerintah aja lah :(

Anisa said...

Bikin lontongnya pake cetakan ya, baru tau nih... Habis di kampungku gak pake cetakan kalau bikin. Terus masak kuah lontongnya tuh yang menggoda.Biasanya kalau masak pake bahan bakar kayu atau serabu tkelapa tuh rasanya khas banget, uenakkk dan menggugah selera makan.Baunya khas banget gitu lho...