Sunday, June 17, 2007

Rangkuman Singkat “Payung Blogger Indonesia” - E-Lifestyle @ MetroTV – 17 Juni 2007

Akhirnya kesampean juga nonton E-Lifestyle di MetroTV dengan tema “Payung Blogger Indonesia”, walapun saya sendiri sempat ketinggalan di awalnya, karena harus berebut TV dengan Kakak saya yang saat itu sedang menonton acara “Silet” yang sedang membahas tentang “BBB” alias “Bukan Bintang Biasa”, walaupun sebenarnya acara “Silet” baru selesai jam 12.00, tapi berhubung acara E-Lifestyle jauh lebih bermanfaat, akhirnya Kakak saya pun mau mengalah :)

Ketika pindah channel, jujur aja saya sempet kaget pas liat Pembawa Acaranya ternyata si Mas Roy Suryo yang kalau ngga salah dia itu sempet berstatement negatif tentang dunia Blog ! hmmm… apa mungkin Mas Roy Suryo sudah mengakui kesalahannya ^.^ walaupun topik yang dibawakan bukan seputar masalah “ foto artis, asli atau palsu ? “ menurut saya Mas Roy Suryo cukup baguslah membawakan acaranya, dan pertanyaaan-pertanyaan yang dilontarkan pun ternyata cukup membuktikan bahwa ternyata si Mas Roy Suryo diam-diam mengamati perkembangan dunia blog juga :)

Ada dua narasumber yang hadir saat itu, yang pertama adalah Mas Budi Putra pendiri Asiablogging.com yang katanya sampai rela melepaskan pekerjaan utamanya sebagai jurnalis demi mengurusi Asiablogging Network. Narasumber yang satunya lagi adalah Mba Isyana Artharini yang merupakan salah satu Permanent Bloggernya Asiablogging Network. Nahh Asiablogging Network inilah yang disebut-sebut sebagai ‘Payung’ Blogger Indonesia.

‘Payung’ yang dimaksud sendiri ternyata adalah semacam wadah ‘resmi’ bagi para Blogger Indonesia yang nantinya akan terus digalakkan agar dapat membuat Blog yang Kredibel dan Lebih Terpercaya, baik dalam menggunakan data-data yang akurat ketika membuat posting ataupun perihal masalah image (foto) yang digunakan dalam content akan ada pengaturannya copyrightnya . Kalo kata Mas Budi Putra ini semua diharapkan dapat membuat Blog benar-benar menjadi bacaan alternatif yang diperhitungkan dan dapat dipercaya kebenarannya

Selain itu tujuan lainnya di buat Asiablogging Network adalah untuk meng Go Interasional kan para Blogger Indonesia sehingga lebih diperhitungkan di Kancah Dunia. Dan nantinya yang diharapkan akan bergabung tidak hanya Blogger-blogger asal Indonesia saja tapi juga teman-teman blogger dari Asia pun diharapkan juga bisa join. Sampai saat ini yang sudah bergabung di Asiablogging Network sekitar 70an blogger.

Permanent Blogger & Guest Blogger
Dalam Asiablogging terdapat dua macam keanggotaan, yang Pertama Permanent Blogger yaitu seseorang yang diberikan domain dan halaman blog tersendiri yang nantinya mereka memberikan kontribusinya dalam membahasa suatu topik yang khas, misal : makanan, lifestyle, film, bisnis, teknologi ataupun teenlit & cerpen seperti yang dilakukan oleh Mba. Isyana. Konon katanya bagi para Permanent Blogger akan mendapatkan semacam ‘gaji’ yang kalo kata Mas Budi “Yahh.. cukuplah untuk biaya-biaya internet atapun untuk beli buku-buku referensi bacaan“. Walaupun begitu diharapkan Permanent Blogger dapat berkomitmen minimal dalam 1 minggu bisa membuat 3 posting terbaru di Blog nya.

Sedangkan Guest Blogger adalah tamu-tamu yang dipilih karena ketokohannya namun tidak akan diberikan domain dan halaman sendiri, contoh tokoh yang menjadi Guest Blogger adalah Bang Wimar Witular. Nantinya diharapkan para Guest Blogger dapat saling bertukar pikiran ataupun berkomunikasi dengan para anggota Asiablogging Network..

Pengorganisasian Personal Wisdom
Walaupun para Blogger nantinya harus terikat dengan semacam ‘organisasi’, namun katanya nih.. Blog yang identik dengan Personality si pemiliknya akan tetap terjaga, artinya ‘organisasi’ tidak akan campur tangan terlalu jauh mengenai postingan-postingan para blogger yang join dengan Asiablogging Network. Kalo bahasanya si Mba Isyana, ini hanyalah “Pengorganisasian Personal Wisdom”..

Adapun syarat untuk bergabung ke Asiablogging Network, yang katanya Mas Budi Putra ini merupakan pijakan Blogger Indonesia ke kancah Asia hanya ada 2 syarat. Pertama gemar menulis, dan yang kedua memilih topik yang khas untuk dibahas di Blog nya. Nahhh untuk lebih lanjutnya mending cek sendiri aja ke websitenya…

Lahhhh… tau gitu ngapain cape-cape jelasin ya ?!?!

tapi tadi aku udah coba ngebuka beberapa kali, tapi kok selalu gagal ya !! mungkin lagi error kali hostingannya, kalo alamatnya sih kayaknya bener deh !

Note : Jujur aja nih, saya merasa topik E-Lifestylenya terlalu berat !! apalagi buat blogger pemula seperti saya ini ^_^;;

2 comments:

shige said...

wah, saya gak nonton mas, gk tau infonya ... ^^

kayaknya seru tuh, bakal ada wadah khusus untuk blogger indonesia. ^^


btw, salam kenal ya ... ^^

Fatah said...

*shige : Yahh kita tunggu aja perkembangannya gimana ?

Salam kenal juga !! hobi nonton Anime ya mas ???