Tuesday, June 19, 2007

Aceh True Tsunami Story (2) : Save By The Spiderman

Setelah lama tidak mendapatkan cerita tsunami dari Ureng (orang) Aceh, akhirnya koleksi kisah nyata tentang Tsunami di Aceh pun bertambah satu lagi, kalo yang cerita sebelumnya menceritakan tentang Mobil Jaguar yang menyelamatkan Ibunya si Rizal, dan waktu itu ceritanya saya dapat dari Okky (sepupu saya). Untuk cerita yang kali ini pun didapat dari Okky juga, bahkan dalam kisah kali ini, Okky menjadi pemeran pembantunya. Untuk peran utamanya dibintangi oleh keponakannya sendiri yang masih kecil, si Hafiz. Yang saya bingung kok !! dah berbulan-bulan saya di Aceh, si Okky baru cerita sekarang-sekarang ini ya ??

Hafiz adalah itu sebenarnya saudara saya juga, Laaah!! orang dia anaknya Kak Yanti (sepupu saya) yang juga kakaknya si Okky. Hafiz sendiri adalah seorang anak kecil yang sangat ngefans berat sama Spiderman, ngefansnya sama Spiderman diekspresikan dengan berbagai macam atribut-atribut Spiderman yang dimiliki Hafiz, sebut saja Jubah Spiderman, Sandal Jepit Spiderman, Sepatu Spiderman, Koleksi filem-filem kartun Spiderman, sampai ke Celana Pendek Spiderman pun dimiliki oleh si Hafiz. Namun siapa sangka bahwa kegemarannya sama Spiderman lah yang akhirnya menyelamatkan si Hafiz dari terjangan gelombang Tsunami, Desember 2004 silam.

Banda Aceh, 24 Desember 2005
Hari itu gempa dahsyat mengguncang Aceh, seluruh warga Aceh pun panik bukan main, termasuk Okky, Kak Yanti, Kak Desi dan Ibu mereka semua Tante Yati (adiknya bapak saya) serta tidak ketinggalan tokoh utama kita si Hafiz kecil, setelah gempa mengguncang semuanya pun keluar rumah karena untuk menghindari dari bangunan rumah yang roboh. Waktu itu warga Aceh sangat tidak menyangka bahwa gempa tersebut akan memicu Tsunami, mungkin termasuk kita semua juga tidak pernah terbesit dalam pikiran kita sama yang namanya “Tsunami” itu apa, makanya mereka-mereka pun hanya menunggu diluar rumah lantaran tidak tau menahu akan adanya Gelombang Tsunami.

Namun tak lama setelah itu orang-orang pun banyak yang berteriak-teriak “Air Naik !! Air Naik !!! “ ketika itu tidak ada satu orang pun yang berteriak “ Tsunami !! Tsunami !! “ (maklum kata Tsunami belum sepopuler sekarang), saat itu Okky dan keluarganya pun bergegas untuk menyelamatkan diri dengan cara menggunakan mobil, namun sayangnya mobil pun susah dikeluarkan dari garasi karena banyaknya warga yang berlarian sehingga mobilnya pun harus terhalang oleh mereka-mereka yang berlarian.

Dalam hitungan detik Air pun semakin tinggi dan tinggi dan juga semakin deras, bahkan katanya mobilnya pun sempat di ‘goyang’ oleh gelombang Tsunami, karena melihat berlindung di mobil bukanlah ide yang baik akhirnya mereka pun bergegas keluar dari mobil dan segera mungkin mencari tempat yang tinggi, dan cara penyelamatan yang paling favorit pada waktu itu adalah bergelantunggan di atas pohon ! suasana panik ditambah kekacauan akhirnya membuat mereka harus terpisah antara satu dengan yang lainnya, termasuk si kecil Hafiz pun terpisah.

Ketika itu Okky sedang bergelantungan di Pohon, air pun sudah semakin deras dan tinggi, dan entah bagaimana ceritanya, tiba-tiba saja terlihat oleh penglihatannya Okky ada bagian belakang dari celana Spiderman nya si Hafiz menyangkut di antara puing-puing reruntuhan bangunan yang dibawa oleh arus Tsunami, memang ketika itu si Okky hafal betul ciri khas dari celana Spiderman si Hafiz yang bagian belakangnya banyak bertaburan Spiderman-Spiderman kecil.

Akhirnya tanpa banyak berfikir apakah itu hanya celana doang ? atau memang ada si Hafiznya ? (kebetulan posisinya waktu itu si Hafiz sudah hampir tenggelam, namun bagian belakang celananya masih timbul diatas air) si Okky pun langsung menggenggam erat-erat celananya si Hafiz, dan Hafiz pun akhirnya berhasil diangkat oleh Okky, Selamatlah si Hafiz.. Thanks to Okky’s Quick Thinking!! dan tentunya tidak lupa Thanks to Spiderman !!

Mungkin jika waktu itu si Hafiz tidak memakai celana Spiderman, maka akan lain ceritanya. Lain ceritanya, namun pasti endingnya adalah Hafiz selamat ! karena toh kalau memang belum ajalnya, mau pake celana apapun juga pastilah bukan penentu hidup-matinya seseorang !! betul ngga ?? setelah Air mulai surut, mereka pun bisa berkumpul kembali se-keluarga, namun sayang Om Sofyan (bapaknya Okky) yang waktu kejadian sedang ada di Peunayong-Banda Aceh harus menemui ajalnya, Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun..

Setelah peristiwa itu ngefansnya Hafiz sama Spiderman pun tambah menjadi-jadi, beberapa waktu yang lalu si Hafiz dibeliin DVD Spiderman III oleh Bapaknya. Walaupun sebenarnya nih filem untuk orang Dewasa, tapi tetap aja tuh si Hafiz doyan nontonnya, bahkan nih filem entah sudah berapa kali diulang-ulang terus sama si Hafiz, ada kali 100x diulaaaangg teruusssss.. Yahh namanya juga anak kecil !! atau mungkin inilah caranya si Hafiz untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada si Peter Parker *Halaah ** ^.^

Baca juga : Aceh True Tsunami Story (1) : Save By The Jaguar

2 comments:

artja said...

luar biasa, gara-gara ngfans dengan spiderman, bisa terselamatkan dari maut saat tsunami. memang spiderman hebat. hidup spiderman... :)

Fatah said...

*artja : lohhh bang artja ini fans berat Spirdeman juga toh ! atau jgn-jgn dah pernah diselametin sama Spiderman :)