Sunday, June 3, 2007

Isu Tsunami menggemparkan Banda Aceh !!

Banda Aceh, [ 04-Juni-07 ] Pagi ini seharusnya berlangsung seperti biasanya bagi warga Banda Aceh, namun segalanya berubah menjadi ‘kacau balau’ ketika Isu terjadinya Tsunami begitu cepatnya menyebar dimasyarakat !! semua orang pun panik ! anak-anak sekolah disuruh pulang ! pegawai kantor disuruh pulang ! warga pun banyak yang melarikan diri menuju ke daerah-daerah dataran tinggi termasuk ke daerah saya di Keutapang yang kebetulan dekat dengan bukit…

Seluruh anggota keluarga seperti ‘bersepakat’ untuk berkumpul dirumah mereka masing-masing agar mereka tahu bahwa anggota keluarganya lengkap, pada saat itu juga saya langsung menghubungi kakak saya untuk menyakan kabar, kebetulan kakak saya sedang berada di kantornya di daerah pusat perkotaan dekat dengan Masjid Raya Baitturahman.. ketika tersambung kakak saya pun besikap ‘calm’ dan tidak mau termakan isu bahkan untuk lebih menyakinkan lagi bahwa itu hanyalah isu, kakak saya menelpon saudara saya yang sedang ada proyek di Kajhu (daerah yang berdekatan dengan laut) dan katanya memang sempet ada sirene Tsunami berbunyi kencang dan membuat tukang-tukang pada lari ketakutan, namun setelah itu mereka pun kembali bekerja, kata saudara saya itu terjadi karena deteksi tsunaminya ‘konslet’ atau apalah !!

Jadi itulah yang membuat warga pada kepanikan !! karena bunyinya alarm Tsunami yang kalau tidak salah ada satu lagi selain di Kajhu yaitu di Ulee Lhee.. ada yang bilang ada air pasang sehingga alarm bunyi, namun ada juga yang bilang “ahh paling juga cuma konslet doang !! “ sampai sekarang pun masih belum ada berita dari pihak aparat yang berkomentar.

Setiap kali ada warga yang datang dari kota pun, langsung ditanyakan “ gimana bener ngga ada tsunami ? “ pasti pernyaan itu terlontar ke mereka-mereka yang berdatang dari pusat kota. Jawabannya pun bermacam-macam, ada yang bilang “ ngga tau !! orang saya juga denger isu !! “ ada juga yang bilang “ ahh !! ngga ada !! cuma isu doang !! “ serentak satu Banda Aceh mempunyai isu ‘nasional’. Tidak ada lagi yang berbincang masalah gossip artis atau masalah Amien Rais dengan dana DKP nya, yang ada hanyalah satu isu “ Ada Tsunami atau Ngga ? “

Tabrakan, Kemacetan, Kecacauan dimana-mana
Suasana kacau pun ditandai dengan kemacetan dimana-mana, mobil saling bertabkaran, mereka yang memiliki kendaraan bermotor lari dengan kecepatan yang tinggi !! becak-becak pun diisi melibihi kapasitas, ada yang terinjak-injak, ada yang lari entah kemana.. pokoknya kondisinya persis seperti ketika terjadi tsunami dulu, melihat situasi ini saya pun sangat maklum, pastilah mereka sangat trauma ketika dulu Banda Aceh diterjang oleh tsunami yang begitu dahsyatnya. Namun yang membedakan dengan dulu adalah tidak semua warga termakan oleh Isu sehingga jumlah orang yang panik pun tidak sebanyak dulu.

Ada yang menagis ada yang tertawa
Suasana di Banda Aceh pun terbelah menjadi dua sisi, satu sisi ada yang menagis karena mereka rata-rata bingung dengan nasib keluarga mereka, mungkin ada anaknya yang sedang sekolah, atau bapaknya sedang dikantor. Namun disisi lain ada juga mereka yang jangankan menangis, pasang tampang serius pun tidak, yahh.. merekalah orang-orang yang tidak termakan isu adanya Tsunami.. merekalah yang selalu mengingatkan warga agar jangan panik “ ahh itu Cuma isu doang !! ngga ada apa-apa !! “

Terjebak di Warnet..
Saya pun penasaran ingin melihat suasana kota !! mengingat cerita diatas saya dapatkan dari cerita-cerita orang yang datang dari kota ke daerah saya di Keutapang, namun sayangnya keinginan saya terhambat karena tidak semua labi-labi (semacam mikrolet) mau mengangkut penumpang.. baru beberapa menit akhirnya saya menemukan labi-labi yang kebetulan sopirnya tidak takut oleh Isu tersebut, namun sayangnya saya gagal mencapai pusat kota, mengingat baru jalan sebentar kemacetan sudah membuat saya terjebak dan tidak bisa kemana-mana !! walaupun pada akhirnya saya bisa menyaksikan dengan mata kepala saya sendiri bagaimana orang-orang banyak yang panik akibat isu tersebut, saya pun akhirnya memutuskan untuk menunggu di Warnet sekaligus mengupload cerita ini ^_^;; oke deh sampai disini dulu ya update beritanya, ntar kalo ada berita baru lagi Insya Allah di post lagi !!

Eeiiit.. tungguuuu… tunguuu… barusan aja ada segerombolan orang naik pake mobil pickup lengkap dengan soundsystem berkeliling kota sambil berteriak-teriak (ngga teriak sih, kan pake speaker) agar warga jangan panik.. karena itu cuma isu saja !! fiuhhhh….

6 comments:

mel@ said...

wah... lama-lama tuh pendeteksi tsunami kalo konslet mlulu...
masyarakat jadi ga percaya lagi ya kalo beneran ada tsunami...

Dhika said...

ceritanya kurang seru ustad karena ndak ada skrinsutnya, ada gak? :)

Fatah said...

#dhika : skrinsut itu apa ya ?

Fatah said...

#mel@ : iya tuh.. takutnya pas ada tsunami beneran malah pada ngga percaya lagi..

Dhika said...

photo2 kejadian

Fatah said...

*dhika : wahh ngga ada tuh ustad ! belom punya camdig nih !